Pemerintah Kota Jambi, Tagihan PDAM Digratiskan Selama Dua Bulan

160
pemerintah kota jambi
PDAM Kota Jambi

Tidak hanya listrik, Pemerintah Kota Jambi mengeluarkan kebijakan menggratiskan tagihan PDAM bagi kelompok sosial dan kategori rumah tangga (RT) Golongan I. Penggratisan ini mulai diberlakukan pada pemakaian 1 April hingga tagihan Mei mendatang.

“Kita gratiskan selama dua bulan. Mulai tagihan 1 April,” kata Walikota Jambi, Syarif Fasha dalam konferensi pers, di Mako Damkar dan Penyelamatan Kota Jambi, Senin, (6/4/2020).

Dalam membantu meringankan masyarakat Kota Jambi dari dampak lockdown dan kebijakan di rumah aja, pemerintah Kota Jambi mengeluarkan kebijakan gratis tagihan 2 bulan PDAM.

Jumlah total sambungan golongan sosial yang digratiskan ada sebanyak 1.045 sambungan. Sementara untuk rumah tangga golongan I ada sebanyak 26.383 sambungan.

Pemerintah Kota Jambi menseleksi sambungan pelanggan yang mendapatkan gratis 2 bulan tagihan PDAM. Ada beberapa kriteria dalam memperoleh kebijakan tersebut.

Fasha menjelaskan bahwa maksimal pemakaian yang digratsikan adalah kurang dari 20 kubik atau setara dengan 80 ribu per bulan. Hal ini sudah diperhitungkan oleh tim Pemerintah Kota Jambi dalam menentukan batas maksimal dalam memperoleh kebijakan gratis tagihan PDAM selama 2 bulan.

“Jadi PDAM untuk mengatur kebijakan ini sumbangsihnya sekitar Rp4,4 miliar. Jadi selama 2 bulan tidak mengambil tagihan dari dua golongan itu,” katanya.

Selanjutnya Fasha menjelaskan, untuk sektor bisnis seperti hotel, restaurant dan tempat lain, akan dikeluarkan penundaan pembayaran. Agar membuat kesetaraan di masyarakat Kota Jambi, Pemerintah menerapkan penundaan pembayaran terhadap sektor bisnis.

“Tapi regulasinya sedang dikaji, kalau sudah selesai, akan kita umumkan,” pungkasnya.

Langkah yang di ambil dan diterapkan oleh Pemerintah Kota Palembang ini terbilang sudah sangat bagus. Masyarakat Kota Jambi sangat merespon baik dengan dikeluarkannya kebijakan gratis 2 bulan tagihan PDAM di Kota Jambi.

BACA JUGA  Akibat COVID-19, Pendestrian Sudirman Ditutup Sementara Waktu

Namun, kebijakan ini tidak bisa berlangsung lebih dari 2 bulan. PDAM sudah mensumbangsihkan dana skitar Rp 4,4 miliar agar kebijakan gratis 2 bulan tagihan ini dapat berjalan dengan semestinya.

 

Facebook Comments