Waspada : Palembang Kemungkinan Masuk Zona Merah, Ini Indikasinya

219
zona Merah
ilustrasi lawan corona

Pernyataan Kota Palembang dimungkinkan akan masuk Zona Merah menyusul Prabumulih yang telah ditetapkan terlebih dahulu disampaikan melalui Juru Bicara  (Jubir) Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan Covid-19 atau virus corona Sumatera Selatan (Sumsel) Yusri.

“Kemungkinan tersebut mengingat kami mengindikasi adanya penularan virus dengan status tranmisi lokal dengan menelusuri pasien positif kasus ke 16 asal Kabupaten OKU, pada Minggu (5/4/2020),” katanya usai video conference pers, Senin (6/4/2020).

Pihaknya pun juga telah mendapatkan informasi dan indentitas sejumlah orang yang diduga telah kontak langsung dengan pasien kasus 16, karena sebelumnya penularan terjadi di Palembang. Melalui penelusuran ini, petugas bisa mencari sumber pertama kali penyebaran pada kasus ke 16 ini.

“Kami periksa orang yang dicurigai dengan Awan apabila keluar positif maka kemungkinan besar Zona Merah menjadi status Palembang nanti,” ungkapnya.

Saat ini jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Palembang 381 orang dan Pasien Dalam Pengawasan 15 orang. Untuk positif corona diketahui tiga pasien di antaranya, Pasien 01 berjenis kelamin laki-laki berusia 54 tahun yang memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta, kasusnya impor dan telah meninggal dunia.

Pasien 06 berjenis kelamin perempuan usia 63 tahun asal Kota Palembang kasus impor, saat ini sedang dilakukan perawatan di Rumah Sakit Mohammad Housein (RSMH) Palembang.

Dan yang ketiga, pasien 12 berjenis kelamin perempuan berusia 52 tahun dengan status kasus impor namun sudah kembali sehat ini dipastikan telah diperiksa dua kali melalui Laboratorium, Sabtu (4/4/2020).

“Jadi penentu yakni ada orang yang kontak di tranmisi lokal dan kemungkinan kasus di Palembang bertambah,” jelasnya.

Bertambahnya data penyebaran virus corona ini tekhusus di Kota Palembang, dan kemungkinan besar Kota Palembang akan menjadi zona merah sama seperti Kota Prabumulih.

BACA JUGA  PNS Galau, THR dan Gaji ke-13 PNS Terancam Tidak Cair

Dalam hal ini masyarakat Kota Palembang diharapkan untuk mematuhhi instruksi pemerintah dan kepolisian untuk berdiam diri di rumah. Dengan berdiam diri di rumah, maka rantai penyerbaran virus corona ini dapat terputus dengan sendirinya.

Berbagai cara sudah dilakukan pemerintah Kota Palembang dalam memerangi penyebaran virus corona ini. Mulai dari cara penyediaan cuci tangan di tempat umum, penyemprotan disinfektan sepanjang jalan protocol serta menginstruksikan kepada pihak polda sumsel untuk membubarkan masyarakat yang sedang berkumpul.

Facebook Comments